Cara Meracik Ramuan Temulawak Untuk Menaikan Berat Badan

10 Okt

Sudah tahu bahwa temulawak bisa buat badan gemuk tapi tidak tahu cara mengolahnya? Anda datang disaat yang tepat, karena sekarang saya akan membahas Cara Meracik Ramuan Temulawak Untuk Menaikan Berat Badan yang benar. Simak baik-baik ya agar kamu dapat semua informasinya.

Cara Meracik Ramuan Temulawak Untuk Menaikan Berat Badan

Temulawak merupakan tanaman herbal yang punya nama keren yakni curcuma xanthorrhiza, ntah bagaimana menyebutkannya saya pun tidak tahu. Tapi yang jelas nama ilmiah pada sebuah tanaman biasanya diberikan oleh penemunya. Seperti bunga bangkai, nama ilmiah nya adalah raflesia arnoldi karena penemu pertama nya si arnoldi.

Tanaman yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan herbal ini banyak dibudidayakan dibeberapa negara. Seperti diantaranya negara kita tercinta Indonesia, jepang, india, thailand dan negara-negara asia lainnya. Bahkan di benua amerika dan eropa juga ada loh.

Di beberapa daerah di Indonesia, temulawak punya nama yang berbeda-beda loh, seperti koneng gede dan temulabak. Temulawak dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah antara 1500 meter diatas permukaan laut.

Pohon dari temulawak biasanya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, hanya sekitar 1 meteran. Memiliki batang yang menjulang keatas, daun 2 sampai 9 helai serta ukuran rimpang yang sekitar 1-2cm.

Dari jaman dulu, temulawak sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Dan bukan hanya penyakit, temulawak juga sering diberikan kepada anak-anak yang punya masalah dengan nafsu makan. Anak yang susah makan, orang dulu biasanya langsung memberikan temulawak yang diolah sendiri atau sudah dalam bentuk kemasan.

Tanpa menunggu lama, hanya paling tidak 1 hari, anak pun langsung doyan makan kembali. Apa rahasianya sehingga temulawak bisa seperti itu? Simak penjelasannya dibawah ini :

Alasan Temulawak Bisa Menaikan Berat Badan Lewat Memperbaiki Nafsu Makan

Nama ilmiah temulawak mungkin bukan diambil dari nama penemunya, melainkan zat yang terkandung didalamnya, yakni curcumin. Senyawa aktif yang satu ini punya kemampuan merangsang perut agar gampang lapar. Dengan gampang lapar, otomatis tubuh pun akan nafsu untuk makan lagi dan lagi.

Selai nafsu makan, pencernaan yang mengalami masalah juga bisa diatasi dengan temulawak. Kemampuannya tersebut telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Clinical Gastroenterology and Hepatology pada tahun 2006. Mereka melakukan penelitian terhadap sejumlah orang yang punya masalah pencernaan. Kondisinya berangsur membaik selepas mengonsumsi jamu dari temulawak setiap hari secara rutin.

Banyak lagi khasiat yang dimiliki temulawak, ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Seperti minyak asirin, tumerol, serat, protein, pati serta phelander yang semua itu bisa untuk pengobatan berbagai penyakit. Apa saja?

Penyakit maag atau asam lambung, mengobati sakit kepala dan masuk angin, melancarkan kembali haid bahka kanker sekalipun. Tapi bukan mengobati kanker secara tuntas ya, melainkan hanya memperlambat aktivitas sel kanker nya saja.

Mengetahui kemampuan temulawak yang ternyata sangat banyak sekali pastinya membuat anda ingin mengonsumsinya ramuan darinya. Benar begitu bukan? Tenang saja, tujuan dituliskannya artikel inilah saya ingin memberitahukan cara meracik temulawak menjadi sebuah ramuan atau jamu. Bagaimana saja caranya? Yu simak dibawah ini :

Cara Meracik Ramuan Temulawak Untuk Menaikan Berat Badan

Tidak sedikit orang yang salah dalam cara mengolah dan mengonsumsi temulawak. Kebanyakan orang hanya tahu cara mengolah tanaman ini langsung di parut dan diperas airnya. Atau ada juga yang dijemur terlebih dahulu lalu diolah. Kebiasaan ini justru akan membuat kandungan didalam temulawak jadi hilang.

Padahal ada yang lebih tepat yang bisa membuat kandungan didalam temulawak lebih maksimal. Bagaimana? Di lansir dari web brilio, seorang guru besar ilmu farmasi di fakultas kedokteran UI mengatakan, sebelum diolah temulawak baiknya dibakar.

Ini tujuannya untuk menghilangkan getah yang menempel pada temulawak. Setelah dibakar baru dikupas kulitnya lalu di rebus. Agar tidak terlalu pahit, air rebusan bisa ditambahkan sedikit gula. Gula yang dianjurkan sebagai bahan campurannya adalah gula aren karena aman untuk penderita diabetes.

Itu dia cara meracik ramuan temulawak yang benar yang bisa kamu praktikan sendiri dirumah. Cara meracik diatas bisa untuk apa saja, termasuk untuk menaikan berat badan atau memperbaiki nafsu makan. Semoga bermanfaat.

http://www.el-venezolano.net/

One Reply to “Cara Meracik Ramuan Temulawak Untuk Menaikan Berat Badan”

  1. Pingback: Makanan Pencegah Mata Minus - Wajib Konsumsi Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *